Posted by : Unknown Thursday, February 12, 2015

Hi, Tentunya kalian sudah tidak asing lagi ketika melihat judul sharing kali ini. Kali ini penulis ingin sharing tentang rumus rumus Microsoft Excel. Rumus rumus yang akan di bahas pada sesi kali ini adalah tentang mengganti baris ke kolom, Databar, Subtotal Function, Auto Color in excel. Jika OS kalian masih di windows maka kalian akan menjumpai microsoft office.

Di OS Linux pun juga ada, hanya saja dengan nama yang berbeda yaitu Open Office. Untuk word dinamakan open office writer, dan untuk excel dinamakan dengan open office Calc. Bawaan microsoft office di Windows hampir sama di OS Linux. Percakapan pembuka nya sudah cukup :D. Let's start this sharing. 

Mengganti Baris Ke Dalam Kolom 

Untuk mengganti baris ke dalam kolom maka pertama buat dulu data beserta tabelnya data dengan kolom dan baris. Setelah tabel berhasil di buat, isi dengan isian yang kalian inginkan. Penulis mencontohkan seperti berikut ini:


Ketika tabel tersebut berhasil dibuat maka kita bisa memodifikasi tabel tersebut, misalkan transpose (mengganti kolom baris dalam kolom ataupun sebaliknya). Untuk melakukan hal semacam ini ternyata Microsoft Excel pun mampu. Cara nya adalah dengan block data yang ingin di transpose (misal blok data dari cell A6 sampai D10 yang biasa dituliskan (A6:D10). Kemudian paste kan ke cell lain dengan shortcut keyboard ataupun dengan mouse.

Dengan mouse :
Cukup klik kanan pada mouse dan pilih 'paste special'. Kemudian beri tanda centang pada pilihan 'transpose'.

Dengan Shortcut Keyboard:
(ctrl+alt+v), kemudian beri tanda centang pada pilihan 'transpose'.

Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini:

Dalam gambar diatas terlihat jelas bahwa yang sebelumnya adalah baris sekarang berubah menjadi kolom.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger