Posted by : Unknown Saturday, January 24, 2015

Hai, pada sesi kali ini penulis ingin sharing tentang permasalahan yang di hadapi ,bukan musuh/enemy akan tetapi masih seputar Dunia Komputer. Komputer dari dulu hingga sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sekarang bisa di jumpai berbagai macam OS diantaranya ada Windows dan ada juga Linux.

Open source sendiri adalah suatu software yang terbuka seperti yang terdapat dalam namanya (open) dengan artian bisa di gunakan, di akses, dan di modifikasi oleh siapapun secara gratis/free. Oke sekarang mari kita mulai sharing tentang permasalahan yang penulis hadapi. Pernahkah kalian mengalami kondisi dimana CPU kalian tidak bisa boot ke dalam sistem.

Kita sering menduga, ketika menyalakan komputer dan komputer tidak bisa boot ke sistem, hal pertama yang sering terpikirkan adalah 'Terkena Virus'. Memang hal ini sangat dimungkinkan, akan tetapi kita juga harus pintar dalam menghadapi suatu permasalahan yang terjadi di komputer kita.

Ketika penulis mengalami kondisi seperti ini, maka yang dilakukan adalah mengamati, checking apakah kabel powernya tidak pas, dan juga mengamati hal apa yang terjadi setelah beberapa menit.



Setelah beberpa menit kemudian terdengarlah komputer mengeluarkan bunyi beep. Bunyi yang dikeluarkan sangatlah beraturan beep...beep...beep. Jika komputer mengeluarkan bunyi beep maka ada 2 kemungkinan:

1. Komputer memang mengalami permasalahan pada hardwarenya terlebih pada Hard Disknya (Butuh pergantian Hard Disk yang baru ataupun install ulang).

2. Tempat diletakkanya memory RAM sangat kotor atau pemasangannya kurang tepat.

Jika komputer mengeluarkan bunyi beep yang beraturan dan ada jeda diantara bunyi maka tidak perlu khawatir karena itu berarti kondisi Hard Disk anda baik-baik saja. Permasalahan nya hanya ada pada tempat diletakkanya RAM anda dalam CPU. Kemungkinan terkena debu atau kotor. Maka segera lepas RAM dan bersihkanlah. Kemudian pasang kembali di tempatnya.

Akan tetapi jika bunyi yang dikeluarkan beep terus menerus dan tidak ada jeda, maka bisa dipastikan Hard Disk perlu di install ulang atau diganti dengan yang baru.

Semoga sharing tentang sedikit trouble shoot ini membantu :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger