Posted by : Unknown Friday, February 13, 2015

Hi, masih akan membahas seputar microsoft office Excel. Kali ini penulis ingin sharing tentang penggunaan databar. Tahukah kamu, sebuah data numerik bisa direpresentasikan kedalam suatu databar. Data numerik bisa disajikan dalam data yang berbentuk gambar, bisa dimodifikasi dengan warna yang disukai. 

Penyajian data dalam Databar

Untuk tampilan data yang disajikan dalam bentuk gambar/grafik bisa di tampilkan dengan warna bermacam macam serta bisa juga diatur untuk ditampilkan grafiknya sedangkan numeriknya bisa dihilangkan. Untuk memulai penyajian dalam bentuk grafik/databar buatlah dulu data datanya dalam microsoft excel. Jika data sudah berhasil di buat maka, penyajian data dalam bentuk tabel bisa dilakukan. Mari asumsikan dan buat data seperti berikut ini dalam excel:


Pada gambar di atas akan dimodifikasi untuk menampilkan databar untuk masing-masing rata rata data. Dalam penyajian di atas penulis menuliskan data data tentang nilai UAN. Untuk rumus mencari rata-rata bisa menggunakan rumus (AVERAGE). Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu untuk rumus menghitung rata rata dari suatu data. 

Di judul kali ini sesuai dengan judulnya otak atik excel, maka penulis tetap akan membahas rumus penghitungan rata rata dalam excel. Untuk penghitungan rata-rata adalah dengan rumus '=average(block data1:block data2)'. 

  
blockdata1:blockdata2 adalah range dari sheet yang mau dihitung (bisa rata rata, ataupun jumlahnya).Misal ada data di blok d1 dengan nilai '80', dan d2 dengan nilai '90'. Logikanya menghitung seperti itu adalah dengan cara menjumlahkan. Untuk microsoft excel  juga menyediakan fungsi rumus matematika. Untuk menghitung average dari data tersebut maka ketikkan '=average(d1:d2)' maka hasil nya adalah otomatis rata rata dari data tersebut.


Untuk data data yang telah disebutkan dalam gambar di atas akan disajikan dalam sebuah databar. Untuk contoh gambar penyajian databar, jika kalian sukses maka akan tampil seperti berikut ini:





{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger