Posted by : Unknown Monday, January 26, 2015

Hi, selamat malam guys. Pernahkah kalian mencoba bagaimana untuk input suatu data dalam database. Dalam sesi sebelumnya sudah diceritakan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum menginputkan suatu data dalam database dengan source code SQL insert into. Pada sesi sebelumnya tabel dengan nama 'penjualan_sekarang' berhasil dibuat.

Mari isikan data dalam database nya. Source code SQL insert into:

insert into 'nama_tabel yang dibuat' (nama_field1, nama_field2, nama_field3) values (isian_string1, isian_string2);

Dalam database sebelumnya sudah dibuat database dengan nama penjualan dan tabel dengan nama 'penjualan_sekarang'. Data yang ingin diisikan adalah field kode barang dengan nama '040a', '04ob' dan dengan nama barang Modem Huawei, Samsung Galaxy S 5. Maka source code SQL nya:


Dalam pengisian data di atas, telihat bahwa data yang di isikan lebih dari satu jenis. Maka dalam source code SQL insert yang digunakan menggunakan separate (,) dari setiap data yang ingin di masukkan. Dan di akhir code selalu diakhiri dengan tanda (;). Untuk isian pada 'values' adalah isian sesuai dengan tipe data yang dibuat sebelumnya pada tabel.

Untuk pengisian data jenis string/character bisa menggunakan tipe data 'varchar' ataupun 'string'. Ingat untuk jenis string harus di beri tanda (") ini bertujuan untuk menandakan bahwa kata yang diapit anda ini adalh tipe string atau character.

Setelah data berhasi di isi, maka kita bisa mengetahui data apa saja yang berhasil kita isikan. Source code yang digunakan untuk me-view atau melihat data yang telah di masukkan adalah source code SQL select.

select * from penjualan_sekarang;


Untuk penjelasan source code SQL_select akan penulis bahas di episode selanjutnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger