Posted by : Unknown Wednesday, February 4, 2015

Dalam sesi kali ini penulis ingin sharing sedikit tentang penggunaan article 'a', 'an' pada penerapannya dalam bahasa inggris. Pada beberapa waktu lalu, soal semacam ini di jumpai penulis ketika mengerjakan suatu tes perusahaan. Standar perusahaan menerapkan uji psikotes untuk memilah mana yang bisa masuk ke dalam perusahaan tersebut.

Uji psikotes banyak sekali jenisnya, akan tetapi yang akan di bahas pada sharing kali ini adalah penggunaan article dalam bahasa inggris. Ternyata waktu mengerjakan soal psikotes ini, penulis menemui soal bahasa inggris menentukan article mana yang paling tepat dalam suatu kalimat, istilah yang sering digunakan adalah 'grammar'. Let's get started.


  1.  Penggunaan article 'a'
Article 'a' menyatakan sebuah atau menyatakan jumlah atau bergantung pada kata yang mengikutinya. Bisanaya digunakan pada countable noun (benda yang dapat di hitung) dan bersifat indefinite. Indefinite berarti tidak terdifinisikan, dan belumlah jelas. Penggunaan article 'a' ini, biasa digunakan untuk mengawali huruf konsonan atau selain (a,i,u,e,o). Untuk (a,i,u,e,o) akan menggunakan particle 'an'. Contoh penggunaannya:

- There is a computer ----> 'a' disini berarti menyatakan jumlah dalam artian ada sebuah komputer.
- There is a cat on the floor ----> 'a' disini berarti menyatakan seekor. Kenapa tidak sebuah dikarenakan 'a' disini menyatakan satuan untuk binatang bukan benda, jadi 'a' disini menyatakan seekor.
- a cup of tea ----> secangkir teh. Kalimat ini tidak tepat jika menggunakan 'a tea' tanpa perantara terlebih dahulu. Perantara dalam kalimat ini adalah cup of. Jika menggunakan a tea, artinya ini bersifat uncountable noun (tidak dapat dihitung) dan tidaklah tepat penggunaanya.

      2. Penggunaan article 'an'

Article 'an' juga menyatakan sebuah atau menyatakan jumlah. Article ini juga bersifat indefinite, sama halnya seperti article 'a'. Hanya saja article 'an' digunakan untuk mengawali huruf vokal (a,i,u,e,o) dan juga digunakan untuk mengawali kata yang bunyinya (a,i,u,e,o). Contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

- an eagle catch that fish ---> seekor elang menangkap ikan itu
- an owl ---> seekor burung hantu.
- They will get here about an hour---> Mereka akan sampai di sini sekitar satu jam. Disini tidak menggunakan article 'a' dikarenakan bunyi kata hour memiliki pelafalan (ou) jadi menggunakan article 'an'.

Sekian sharing kali ini, keep spirit guys :D

   


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger