Posted by : Unknown Sunday, February 15, 2015

Hi, welcome back. Pada kesempatan kali ini masih sharing seputar Microsoft Office. Pada beberapa episode yang lalu, penulis sharing tentang merubah baris ke dalam kolom, dan bermain dengan data bar. Untuk sharing kali ini, adalah merangkum dasar-dasar rumus excel yang sering digunakan. Sharing kali ini akan membahas rumus Max, Min, Average, dan Sum.

Dalam rumus excel juga terdapat conditional format (kita lbih mengenal nya dalam dunia IT adalah conditional formatting). Sharing tentang rumus excel IF akan dibahas pada episode berikutnya. Let's get started. Pertama buat data dalam excel, misalkan data nilai untuk beberapa siswa.


Dalam data di atas, kita bisa mencari data tertinggi, data terendah, rata-rata nilai, menghitung ada berapa baris data, menghitung total data. Untuk data tertinggi bisa menggunakan rumus excel Max, data terendah menggunakan rumus excel Min, rata-rata menggunakan Average, jumlah data menggunakan rumus excel Count, dan penjumlahan data dengan Sum.

a. Menampilkan Nilai tertinggi Dalam Data 

Untuk menampilkan nilai tertinggi dalam suatu data, maka rumus excel yang digunakan adalah menggunakan (=MAX). Rumus excel Max ini berfungsi untuk menyeleksi dari semua data, dan yang akan ditampilkan ketika fungsi ini dipanggil adalah data yang memiliki nilai terbesar atau maximum. Misalkan ada data dari cell B3 sampai B10. Maka untuk mendapatkan nilai tertingginya:

=max(B3:B10) ---> Rumus excel ini akan menampilkan data yang paling tinggi dari range B3 sampai B10.

b. Menampilkan Nilai Terendah Dalam Data

Untuk menampilkan nilai terendah dalam suatu data, maka rumus excel yang digunakan adalah menggunakan (=MIN). Rumus excel Min akan menghasilkan kebalikan dari rumus Max. Rumus excel ini akan menghasilkan atau menampilkan data yang terkecil. Misalkan ada data dari cell B3 sampai B10. Maka untuk mendapatkan nilai terendahnya:

=min(B3:B10)  ---> Rumus excel ini akan menampilkan data yang paling kecil dari range B3 sampai B10.

c. Menampilkan Rata-Rata Dalam Suatu Data

Diatas tadi telah disebutkan rumus untuk menampilkan nilai terendah dan tertinggi, lalu bagaimana dngan penghitungan rata-rata? Untuk menghitung rata-rata rumus excel yang digunakan adalah Average. Seperti arti kata 'average' yang berarti rata-rata. Misalkan ada data dari cell B3 sampai B10. Maka untuk mendapatkan nilai rata-rata dari data itu adalah:

=average(B3:B10) ----> Rumus excel ini akan menampilkan rata-rata data

d. Menjumlahkan Suatu Data

Kita asumsikan ada data dari range B3 sampai B10 seperti data yang ada di atas. Untuk menampilkan jumlah data keseluruhan dari range B3 sampai dengan B10 maka rumus exel yang digunakan adalah:

=sum(B3:B10)  ----> Menampilkan penjumalahan data dari range B3 sampai B10.

This it for this day :D, tetap semangat guys. 

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger