Posted by : Unknown Monday, February 2, 2015

Hi, mari kita lanjutkan untuk pembahasan SQL code. Penulis akan memulai pembahasan tentang fungsi 'Alter' pada source code SQL. Pernahkah kalian membuat suatu tabel dan dalam tabel itu ternyata tertinggal beberapa kolom yang belum di buat. Untuk mengatasi permasalahan seperti itu maka digunakanlah source code SQL alter. 

Dengan menggunakan source SQL alter maka penambahan kolom bisa dilakukan. Penulis akan membahas dan sharing masih menggunakan tabel yang sebelumnya telah dibuat, yaitu tabel dengan nama penjualan_sekarang. Dalam tabel ini sudah terdapat data yang sudah di isikan. Pada tabel ini terdapat 2 kolom/field yaitu kolom nama_barang dan kode_barang.

Penulis ingin sharing tentang penambahan kolom yang lain. Dalam tabel tersebut akan ditambahkan kolom dengan nama 'tipe_barang'. Untuk menambahkan kolom ini maka gunakan 'add' selain source code alter table. Source code SQL lengkapnya adalah :

alter table nama_table add column_name [type_data];
 

name_table --> adalah nama tabel yang dibuat
column_name --> nama kolom yang akan ditambahkan
type_data --> tipe data yang akan digunakan , bisa INT ataupun varchar atau yang lain tergantung data yang akan diisikan.


Pada gambar di atas terlihat bahwa kolom yang ditambahkan adalah kolom dengan nama tipe_data. Tipe data tampil 'NULL' dikarenakan ini adalah defaultnya. Untuk membuat data tidak menampilkan null maka setelah tipe_data ditambahkan kata 'NOT NULL'.

Pada sharing kali ini penulis hanya sharing tentang pembuatan satu kolom pada tabel dengan menggunakan source code SQL alter. Untuk sharing episode berikutnya penulis akan sharing tentang penambahan kolom lebih dari satu kolom dan bagaimana cara pengisian data pada kolom yang ditambhakan. Keep your spirit guys :D


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate Into Your Language

Popular Post

Powered by Blogger.

- Copyright © Sharing All Genre Experience -Robotic Notes- Powered by Blogger